Feb 26, 2009

Ninja Pendisk - Deteksi Malware di USB

Pertama kali mendengar nama freeware ini, mungkin pikiran anda berkaitan dengan game atau tokoh dari jepang pada jaman dahulu, namun ternyata setelah membaca dengan lengkap anggapan anda keliru.

You can simply Download Ninja Pen disk and run it, it will sit on your system tray, and monitor any pen-drive which u connect to your computer. It works for Windows XP and Windows Vista both. Also you can set it to start at start-up, so that you need not run it every time you start windows, it will come automatically.

Mari kita bahas (sedikit) agar bisa mengetahui tentang pahlawan kecil ini :)

Pertama:
Saya sebut pahlawan karena pekerjaannya membantu kita dalam menumpas para penyusup yang akan masuk pada komputer kita. dan bekerja secara otomatis, tanpa perlu diperintah :)

Kedua
Masalah apa yang ada penyusup (pemicu) yang berhasil dijalankan oleh file dalam USB?
Isi file dalam flashdisk tidak dapat ditampilkan, sehingga kapasitas USB flashdisk anda benar namun file kosong atau ketika anda memasukkan file baru pada usb anda sepintas tampil namun kemudian hilang lagi.

Ketiga : Bagaimana ninja bekerja?
Ninja bisa dikatakan aplikasi portable yang tidak perlu diinstal seperti program lainnya, kecil dan hebat serta ringan. Ninja secara ototmatis mencegah berjalannya autorun yang ada pada USB flash anda (entah itu berupa flashdisc, MMC, atau perangkat portable lainnya. Ninja langsung mendelete aplikasi yang bernama Autorun.INF yang isinya script untuk menjalankan file yang ada pada (CD autorun-biasanya) atau pada USB yg didalamnya terdapat fasilitas autorun. Sebenarnya autorun.inf ini asalnya tidak digunakan untuk hal keburukan atau negatif, namun seiring berkembangnya jaman, akhirnya autorun didompleng oleh virus untuk memperlancar pekerjaannya.

Keempat : Bagaimana proses instalansinya?
Bisa dikatakan,"anak kecil saja bisa" hee... :)
Ya, karena freeware ini bersifat portable, Maka begitu anda menjalankannya dari mana saja secara otomatis akan langsung berjalan. Ada baiknya jika anda copykan terlebih dahulu pada hardisk anda kemudian jalankan. Setelah anda jalankan, lakukan seperti pada gambar


Pada tray klik kanan kemudian pilih :
1.Add to startup
Pilihan ini akan menambahkan Ninja pada deretan service yang dijalankan oleh windows pada saat windows startup dan juga meng-copy-kan Ninja pada directory c://program files/ninja jadi anda tidak perlu untuk menjalankannya saat windows startup.

2.Disable AutoPlay
Opsi ini akan mematikan pilihan autorun baik dari CD atau USB.

3. Automatic Clean
Beberapa saat setelah USB masuk kedalam PC/notebook anda, akan muncul peringatan yang menandakan Ninja berkerja mencari mangsa (file Autorun)

Bagaimana? Ingin mencobanya?
Free dan sangat berguna :)
Silahkan menuju ke alamat pembuatnya di
http:// nunobrito.eu/ninja atau download Ninja disini

Semoga bermafaat, ada komentar silahkan tinggalkan pada kolom komentar :)

17 comments:

  1. PC MEDIA pENIPU !!!!!!!!!!!!!!!!!!!! , wA keluar uang 45ribu hanya buet dapet Disc progam PC MaV 2.O ada virusnya lagi (EDISI 4/2009) , Ini komputer bukannya tambah sehat malah semakin sakit T_T ,ni hasil scan dari avg gua
    “Object name”;”G:\Tool-Kit\!PCM4P\lib\rtpmain.exe”
    “Detection name”;”Trojan horse Generic12.CAPB”
    “Object type”;”File”
    “SDK Type”;”Core”
    “Result”;”Infected”

    pERTANYAAN , VIRUS LOKAL MATI TAPI VIRUS LUAR NEGERI MERJALELA /GG DEH tROJANNYA.kITA YG JD KORBAN.

    WASPADALAH !!! WASPADALAH !!! vIRUSDAN KUMAN BISA TERJADI KAPAN SAJA DAN DIMANA SAJA TERMASUK DARI ANTI VIRUS ITU SENDIRI
    sALAM bANG vIRUS

    ReplyDelete
  2. ada ga fasilitas untuk upload/kirim virus scara langsung dari website ato blog pcmedia kalo ada gimana caranya, soalnya klo lewat email susah ribet sih... solusi terbaiknya gimana... makasih....

    ReplyDelete
  3. weh itu cpu, sampean dah penuh Virus duluan...., dan avg dah keserang duluan, dia gak bisa clean malah bilang pcmav.rtp kena trojan, hati-hati virus yang membalikkan fakta..., maaf pengalaman saya dah riabuan kali..., tu AVG yang kena mas...., bukan PCMAV.RTP-nya. krna saya pakai AVG.80 Update April 2009 dan pakai PCMAV 2.0 gak masalah. dan bersih..

    ReplyDelete
  4. wah, kok komentarnya kejam :( padahal banyak orang yang terbantu terselamatkan data word (ketikannya) banyak yg Hilang karena di scan dgn antivirus lain, -> Langsung dihapus..

    ReplyDelete
  5. Ninja, dengan kemampuannya yang sakti, dia bisa ngilang, keluar asap putihnya wuah bagus tuh untuk usb and mmc. trims banget lho.... aku chayanx anget, eh salah banget....




    087859547698://yekti.com

    ReplyDelete
  6. mas Paijo, berkata masak sih.... PCMAV terbaik iso ngilangin virus.... telek-telek......



    mas Paijo: pree....eet

    ReplyDelete
  7. Mas, pengetahuan virusnya cuman segitu itu ya?
    Aku sih matur tengkyu sama PC Media khususnya tuk PCMAVnya, data-dataku terselamatkan dengan sempurna ko.

    Ya gitu deh.

    ReplyDelete
  8. mas gimana seeh ngawinin PCMAV 2.0c ma Clamav?
    jawab sekarang dong, please!

    ReplyDelete
  9. makacih bget buat PCMAV cama NINJAnya, autorun sBgai Pemicu Virus, jadi gak keLuar lagi...

    ReplyDelete
  10. S'benernya PCMAV ngebantu bgt, klo avg, apalagi yang ga di update, kadang g bs ngeclean virus semua,bahkan software2 yang udah terinstall ikutan error. Ini pengalaman q. Thx.

    ReplyDelete
  11. Setuju, aku pernah pake avg, yang ada malah program-program instalan yang aku taro di drive dianggap virus terus dikarantina semua... lebih baik pcmav dan ninja

    ReplyDelete
  12. Sudah 4 kali saya format ulang gara-gara USB saya kena virus, Ninja is the best !!

    ReplyDelete
  13. Pak de, mohon pencerahannya, compi sy ada 2 antivirus, 1 PCMAV 1.92 n Avira. minggu lalu, avira mendeteksi bhw rtpmain.exe adalah trojan, jadi sekarang PCmav tidak bs bekerja. Waktu sy upload dan jalankan PCmav 2.0d masih belum bs kerja, krn tadi itu... "cannot find rtpmain.exe".
    Mohon pencerahannya, gmn cara mengatasi keadaan tsb. Compi sy jg terserang yuyun.vbs, tolong dunk wayout-nya. Tengkyu

    ReplyDelete
  14. kapan situs resmi pcmedia rilis???

    ReplyDelete
  15. makannya mas make antivirus itu satu aja jangan double. nanti salah satu antivirus akan dibaca virus oleh aplikasi antivirus lainnya.

    ReplyDelete
  16. makanya kalau mau antivirus yang bagus tentu ndak gratis...................semua antivirus kalo gratis TIDAK BISA DIPERCAYA APA LOKAL ATAU DARI LUAR.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan dan tanggapan anda, agar kami dapat lebih baik dalam melayani dan menyajikan bahan untuk anda :

Baca juga yang ini...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...