Feb 6, 2009

Trust No Exe - aman saat internet

Membatasi program yang bisa dijalankan, itulah fungsi freeware kali ini. Tak ubahnya saat kita berselancar di internet, terkadang mereka yang kita kunjungi (website), terlebih yang sifatnya warez, hack atau yang berbau underground seringkali menyisipkan file yang berjenis exe dan masuk kedalam komputer kita. Seperti pada postingan sebelumnya, saat kita berselancar di internet, pasti kita mengenal temp folder yang ada pada folder komputer kita. ini bisa ditemukan pada alamat :
C:\Documents and Settings\NAMA-PC-USER-ANDA\Local Settings\Temp
disini akan banyak kita temukan file yang sangat banyak, jika kita tidak pernah membersihkan file sampah tersebut.

Salah satu bahaya menyimpan file-file sampah ini adalah pemicu virus/malware bisa terus aktif pada komputer kita, terlebih saat kita sering online dengan PC kita sendiri.

Ad
a satu tips dan trik yang bisa anda gunakan untuk mencegah masukknya file sampah berjenis exe dari internet. Logikanya adalah sesuai dengan fungsi utama freeware ini, yakni menentukan file exe pada folder apasaja yang boleh berjalan. Semisal kita hanya menentukan file di C://program files saja yang boleh berjalan, MAKA jika ada file exe yang ada di dalam folder yang biasanya digunakan untuk menyimpan cache atau temp file tidak akan bisa dijalankan. Dengan demikian saat kita berselancar dan kemudian sebuah website menyimpan temp file yang berjenis exe TIDAK AKAN DIJALANKAN dengan ditampilkannya peringatan seperti gambar berikut.


Fungsi lainnya juga berguna untuk membatasi seseorang menjalankan file exe dari USB atau dari tempat (folder) selain di tempat yang anda tentukan. Sehingga jika mereka ingin menjalankan aplikasi yang dirasa bisa membahayakan privasi kita
tidak akan berhasil.

Setting untuk trust no exe
(lebih jelas dan akurat saat anda download dan baca pdfnya.Jika belum mempunyai pdf reader download foxit pdf reader disini)

Sebenarnya saat anda intsal pertama kali klik next dan next (prosedur standart untuk instalasi program :) sesudah selesai instal program berbeda dengan program lainnya, pengaturan trust no exe berada di bagian control panel komputer anda.

Atur sesuai keinginan anda, termasuk folder yang diijinkan untuk menjalankan program, dan pesan peringatan jika ada program dijalankan diluar folder yang anda tentukan, kemudian pastikan service trust no exe sudah start (klik tombol start).



Hal yang perlu anda ketahui :
  • Freeware ini free, website pembuatnya di www.beyondlogic.org
  • Download Trust No EXE
  • Kecil kurang lebih 1 Mb
  • Saat anda ingin meng-uninstal suatu program lain, lebih baik anda Stop dulu aplikasi ini.
  • Download dan jalankan setingannya dari control panel, dan start dan anda coba browsing pada website yang lumayan berbahaya, pasti akan mengerti kegunaan freeware ini.
komentar? saran ? pertanyaan ? silahkan..

6 comments:

  1. Saran aku, Lebih baik pakai deep freeze karena bisa melindungi system di drive c:.
    BTW kalo yang butuh jasa renovasi atau bikin baru interior apartemen, rumah, hotel, atau kantor bisa klik blog aku di http://citadel-asia.blogspot.com
    Trim's Admin buat numpang URL saya.
    Regards.
    Indra (081319050521)

    ReplyDelete
  2. aku juga pakai
    tapi aplikasi ini tubrukan sama
    aplikasi printer nya windows
    jd kalo kita mao mrinter
    komputer langsung shutdown otomatis
    Tanya kenapa.....???

    ReplyDelete
  3. Aplikasi error dengan printer?
    sebenarnya hampir sama dengan yg pernah saya alami, printer Pixma i 1700 saya instal tidak melalui proses instal, namun deteksi hardware dan bermain main dengan inf saja, setelah mendownload langsung dari publisernya (canon) tidak ada masalah. Bisa juga PC anda ada malwarenya, coba scan dengan spyware atau antivirus yang sdh diupdate.

    ReplyDelete
  4. Sebenarnya program ini ok banget, tapi tabrakan sama google chrome & Firefox, cuma ie microsoft yg enggak. padahal di access listnya sampe ditulis c:\, jadi ku-uninstall trus-no-exe pake ccleaner. Ada yg tau setingannya biar nda bentrok sama chrome & firefox?

    ReplyDelete
  5. betul, tabrakan sama Google Chrome, begitu Google Chrome dijalankan PC langsung restart & setelah masuk Windows muncul permintaan send error report.

    ReplyDelete
  6. gajeee prog gajeee

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan dan tanggapan anda, agar kami dapat lebih baik dalam melayani dan menyajikan bahan untuk anda :

Baca juga yang ini...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...