Dec 30, 2007

Dual Boot Windows Vista Windows XP

Beberapa orang ada yang ingin menjadikan PC/Laptopnya mempunyai Dua sistem Operasi, dengan tujuan ingin menyesuaikan dengan kebutuhan, misalnya ada beberapa program yang tidak berjalan di Vista namun bisa berjalan lancar di Windows XP.

Langkah yang berikutnya betujuan MENJADIKAN NOTEBOOK ANDA MEMILIKI DUA BOOT SISTEM WINDOWS XP DAN VISTA, siapkan Coffe dan camilan, serta kesabaran karena pasti anda akan memerlukan konsentrasi dan kesabaran yang besar :)
Pada kali ini saya ingin berbagi sebuah tips dan trik yang baru saya coba, karena suat hal yang sebenarnya bisa dikatakan (baru bisa saja kerjakan kali ini) karena ada kesempatan baru dapat pinjeman Laptop baru yang boleh dioprek-oprek semau-maunya.. (thanks Mr.Daeng...smoga menjadi amaL baeknya amiiieenn..:) hee... toh ini jga untuk kebaikan laptop anda juga.

Kasus yang terjadi kali ini adalah:

Pertama, Laptop sudah terinstal system bawaan sewaktu membeli, tentu saja karena ini laptop resmi, maka belinya langsung di Dealer terpercaya, dan seperti biasanhya, setiap anda membeli laptop pastilah ada recovery disknya. Untuk Laptop ini System aslinya adalah Windows VISTA Ultimate Home Edition.

Kedua,
Masalah Software, sudah menjadi perbincangan umum kalo masih banyak software yang tidak mensupport VISTA (Windows Vista), kebanyakan masih untuk versi windows XP.
Dengan demikian kita tentu saja ingin memiliki Windows XP yang mensupport Software yang kita gunakan setiap hari.

Betul Khannn... :), Namun ada satu kekecewaan jika windows Vista asli kita hilang dari hardisk kita, karena kita ingin menginstal XP yang mensupport software kita. Dengan 2 kasus diatas, pada awalnya saya tetap ingin mempertahankan Vista yang ada. Namun karena dituntut untuk bekerja dengan software yang hanya disupport oleh XP, maka
harus mengistal XP dan Vista dalam 1 Laptop

Mau bikin Vista DualBoot ? yang di isu-isu kan katanya ngga bisa, tapi pada kenyataannya bisa,maka pada kesempatan berikut beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membuat dualboot pada Vista akan dijabarkan walaupun belum lengkap.

Bahan:

Partition Editor, untuk yang fans ama windows boleh pake partition magic portable, yang di boot melalui MiniPe atau Floppy disk, Bagi para Linuxer, Bisa memakai Gparted (Gnome partition Editor), itu live cd.

Jika anda sudah membagi hardisknya maka itu tidak perlu dilakukan.
EasyBCD adalah tools untuk boot editor untuk windows vista.

Caranya (bisa Vista dulu atau Xp Dulu)

Pertama tama, backup dulu data kita yang penting dan singkirkan dari C, kemudian lakukan defragmentasi pada drive C nya, tujuannya adalah agar data kita diatur dan ditata kembali kelokasi yang benar, tidak menyebar kemana-mana.Cara membagi hardisk dari Vista, Pada My Computer, Klik Kanan Pilih Manage - Pilih Computer Management - Disk Management - Lalu pilih Hardisk yang akan di pecah (split) klik kanan pilih shrik volume (seperti gambar), tentukan volumenya. dan aplly.!!

Lalu boot komputer dan gunakan Partition Editor untuk “me Rezise” ukuran partisi yang ada di kosongkan sebagian. (jika sudah dipartisi sejak awal tidak perlu)

Lalu Install OS Seperti biasa, dan pilih lah instalasinya pada Partisi yang kosong dan partisi yang sudah ada biarkan gitu aja.

Setelah Instalasi, pilihlah Vista, dan modif bootnya dengan BCDEDIT utility, untuk menggunakanya bisa dipanggil melalui command run (sebagai administrator) karena BCDEDIT ini sifatnya command line kita pasti pusing di buatnya, untuk itu gunakan GUI nya EasyBCD.

NB: Ini yang saya Lakukan!!!
Saya instal vista dulu (bawaan waktu membeli sudah ada, jadi tinggal meresize/memecah hardisk) lalu jika sudah matikan/restart - masukkan cd instaler XP anda (saya tidak mau tau dari mana anda mendapatkannya entah asli atau pinjem dari temen alias bajakan, toh juga bukan urusan saya- namun lebih baik membeli...- kalo ada rejeki, namanya juga untuk bekerja,maka akan lebih baik jika asalnya juga resmi-baik dan halal).

Jika sudah selesai instal XP (ditempat partisian yang baru tadi -bukan menjadi satu dengan drive tempat anda instal Windows Vista semisal C: - untuk vista, D: - untuk XP, dan E: untuk Data)

Coba masuk pada windows XP anda, Jika sudah benar (bisa jalan, maka tugas anda kurang satu lagi) yakni Restart kembali (Jangan lupa masukkan CD Windows VISTA - bisa dari Recovery atau Beli :)

Setelah Vista Masuk ke menu bootable VISTA, maka anda Klik Next – pada jendela System Recovery Options Startup Repair, Tujuannya adalah untuk membooting ulang Vista yang sudah anda instal lebih dahulu, maka dengan demikian vista bisa berjalan dengan sendirinya, setelah anda masuk pada windows vista maka instal EasyBCD yang sudah anda download tadi.

....Run EasyBCD and go to Add/Remove Entries. Select Drive E:\ first and then select Type Windows NT/2k/XP/2k3. Then type the name that you want it to appear in boot loader such as "Microsoft Windows XP" or "Windows XP" or even "XP". Click Add Entry and Save....Terjemahannya....[sapa tau, anda binggung :) hee...]

  • Jalankan EasyBCD kemudian masuk ke bagian Add/Remove Entries.
  • Pilih Drive dimana anda Instal XP (contoh diatas drive D:)
  • Kemudian Pilih Type Windows NT/2k/XP/2k3
  • Masukkan Nama Windows yang Nantinya akan Muncul pada saat Booting (bisa saja anda buat - Windows XP edisi Bajakan..hee..atau terserah anda)
  • Terakhir...Click Add Entry dan Save.
  • Maka selesailah Tugas anda, dan restart besar kemungkinan anda akan mendapatkan 2 bootable option, Windows VISTA dan Windows XP.
  • And then, which you chose ...?
  • Tips : Jika sudah pernah menginstal program di Windows XP/Vista tinggal cari saja lewat Explorer, maka kita tidak perlu menginstal 2 kali program tersebut.
SELAMAT MENIKMATI DUAL WINDOWS ANDA!!
tinggalkan comment, apabila anda mengalami masalah, semoga berguna dan bermanfaat

5 comments:

  1. terima kasih...terimakasih...

    ReplyDelete
  2. saya mau mencoba nih, punya saya hp pavilion 2000 series, kebetulan bawaan aslinya vista home premium,,
    doakan saya ya,,

    ReplyDelete
  3. sip bos, gue udah install and sukses berat, tapi harus ngulang sampe 3 kali tuh yang lain boleh coba, dan di tunggu tips 2 oke lainnya, thanks

    ReplyDelete
  4. segera di bahas, XP dengan Linux

    ReplyDelete
  5. 100% Bekerja dengan Baik...
    Terimakasih banyak Pak Boz...
    :: Jempol ::

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan dan tanggapan anda, agar kami dapat lebih baik dalam melayani dan menyajikan bahan untuk anda :

Baca juga yang ini...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...